Cara Pasang CWM dan Root Samsung Galaxy Ace3


Cara Pasang CWM dan Root Samsung Galaxy Ace3


Bagi saya, root android yang sudah ada dalam genggaman saya adalah wajib. Apalagi untuk android " yang menurut saya" lemot. Mungkin dengan root, kita bisa sedikit memperpanjang umur internal android kita. Karena kita bisa menginstal aplikasi, langsung ke xternal memory/sd card menggunakan aplikasi semacam Links2sd. Keadaan SG ace3 yang mempunyai internal memory tersisa yang sangat kecil untuk di gunakan, yaitu sekitar 2gb. Mungkin hanya orang-orang terpilih dan sabarlah yang bisa bertahan dengan jumlah internal yang sangat minim tersebut :v hehehee.

Jika di tanya cara root yang paling aman dan mudah adalah apa?, saya akan dengan meyakinkan menjawab, lewat CWM atau TWRP. Bagaimana cara aman bin mudah instal CWM atau TWRP ? tentu saja lewat PC atau Laptop paling aman, kalau samsung menggunakan ODIN, sony dengan flashtoolnya dan Android lainnya lewat cmd command. Amaaaan, paling kalau gagal juga tidak akan bootloop.

Alat-alat atau bahan untuk root 

Tutorial Root 
  1. Download semua bahan yang ada di atas.
  2. Instal Driver Samsung pada Laptop/PC, untuk membuat SG ace3 bisa terdeteksi/ terbaca oleh odin. Ngeceknya: sambungkan SG ace3 dengan PC, Jika ID:COM yang berada di kiri atas layar berwarna biru itu berarti driver samsung sudah sukses terinstal.
  3. Pindahkan file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip ke internal atau external sd SG ace3. Taruh di luar folder agar mudah di cari.
  4. Di SG ace3: masuk setting-> about phone-> klik built number sekitar 7x atau sampai muncul pilihan pengembang/ Developer options di dalam menu seting. Jika sudah muncul aktifkan pilihan pengembang/ Developer options, aktifkan juga pilihan USB debugging.
  5. Di SG ace3: Matikan SG ace3, pada keadaan mati tekan tombol volum down + home + power secara bersamaan. Lalu tekan tombol volum up untuk masuk download mode.
  6. Buka odin (klik kanan-> run administrator) di laptop, lalu hubungkan SG ace3 yang dalam keadaan download mode dengan laptop menggunakan kabel usb. cek lagi ID:COM harus berwarna biru, yang menandakan adanya hubungan SG ace3 dengan odin.
  7. Pada Progam Odin jangan centang "auto reboot" di option, lalu klik tombol AP dan cari file bernama "tauch.tar atau non touch.tar (pilih salah satu sesuai selera)" yang sebelumnya sudah didownload. Lalu klik/ tekan tombol start pada odin dan tunggu sampai prosesnya selesai dengan tanda munculnya tulisan PASS di atas ID:COM.
  8. Copot USB dari SG ace3 dan cabut baterainya beberapa saat, masukkan baterai lalu pada keadaan mati tekan tombol volume up + home + power sampai masuk CWM. Dalam CWM pilih atau tekan tombol instal-> lalu pilih file UPDATE-SuperSU-v2.46.zip yang telah kita pindahkan/taruh tadi di sd card SG ace3. Tunggu sampai prosesnya selesai, setelah itu di CWM pilih Reboot dan tunggu SG ace 3 masuk Homescreen.
  9. Selamat, kini SG ace3 teman-teman telah teRoot. dan bisa kita check melalui aplikasi dari Play Store yang bernama Root Checker.

  PENTING !!! DWYOR / Lakukan dengan resiko masing-masing